Petani Pacitan Temukan Benda Antik Saat Mencangkul Ladang


Pacitan - Beragam jenis benda antik ditemukan warga di Dusun Purwodadi, Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Rabu (13/4/2011). Tak ayal, barang langka tersebut menyita perhatian warga setempat.

Diantara benda-benda tersebut antara lain berupa patung cemeti dengan gagang mirip kepala Dewa Siwa, patung lembu, keris serta koin bergambar Batara Ismaya. Temuan lainnya berupa ribuan keping uang Jepang.


Benda berbahan logam kekuningan mirip perunggu dan tembaga itu, ditemukan seorang pekerja bernama Kusnan (42), di lahan milik Wahid, warga setempat. Saat ditemukan, benda antik tersusun rapi diantara dua batu besar.

"Saya sedang membikin jalan menuju ke ladang. Saat saya menggali sekitar 1 meter diantara dua batu ini saya menemukannya dalam keadaan tertata. Mungkin dulu sengaja disimpan pemiliknya," ujar Kusnan kepada detiksurabaya.com di lokasi.

Awalnya, lanjut Kusnan, dirinya hanya menemukan beberapa patung dan koin berbahan perunggu. Namun saat penggalian dilanjutkan dia mendapati seonggok koin berbahan tembaga.

Kusnan sendiri mengaku terkejut saat menemukan benda yang baru pertama kali dilihatnya. Terlebih, sebelumnya bapak satu anak itu tidak mendapat firasat apapun.

Penasaran, Kusnan memanggil beberapa rekannya sesama pekerja. Benda-benda bersejarah tersebut lalu dibersihkan dengan air.

"Sehari-hari memang pekerjaan saya mencangkul di ladang milik orang. Tapi baru sekarang ini saya menemukan benda aneh," tuturnya heran.

Saat ini beragam benda antik itu masih berada di rumah pemilik tanah bernama Wahid di Dusun Purwodadi, Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari, Pacitan.

0 comments